Monday 31 August 2009

Resensi Buku Baru | Ensiklopedia


Judul : Ensiklopedia:Golongan, Kelompok, Aliran, Mahzab, Partai, dan Gerakan Islam seluruh Dunia
Penulis : Prof Dr Abdul Mun’im Al-Hafni
Penerbit : Grafindo Khazanah Ilmu
Tebal : 718 Halaman
Terbit : Agustus 2009 (edisi II)

Mengenal Berbagai Golongan Dalam Islam

DUNIA Islam penuh dengan berbagai khazanah kekayaan intelektualisme, dinamika, dan budaya. Dalam Islam pun dikenal tentang berbagai aliran, kelompok, sekte, dan gerakan maupun organisasi. Mulai dari yang paling ekstrim hingga yang liberal, dari yang moderat sampai yang keblinger.

Dalam buku Ensiklopedia: Golongan, Kelompok, Aliran, Mazhab, Partai, dan Gerakan Islam Seluruh Dunia, yang diterbitkan Grafindo Khazanah Ilmu, semua terangkum secara apik. Buku setebal 718 halaman yang ditulis Prof Dr Abdul Mun’im Al-Hafni ini sedikitnya memuat 400 entri meliputi aliran, mazhab, golongan, gerakan, dan partai dalam Islam yang ada di seluruh dunia.

Buku ini tak sekadar merangkum berbagai aliran, kelompok, atau golongan yang besar dan popular, seperti Mu’tazilah, Qadariyyah, Khawarij, Syi’ah, Sunni, Ikhwanul Muslimin, atau Jamaah Islamiyah. Bahkan aliran pecahan kelompok yang belum pernah didengar dan diketahui umat Islam, juga terekam di dalamnya.

Pada buku cetakan kedua kali ini ada empat penambahan entri di luar naskah asli agar tetap kontekstual dan update. Ada empat entri dari Indonesia yang ditambahkan, yaitu tentang NU, Muhammadiyah, MMI., dan JI yang berada di Indonesia .

Dari buku ini bisa diambil pengalaman sejarah masa lalu untuk terus mengembangkan kearifan intelektual. Dengan kearifan intelektual bisa mewujudkan cita-cita kehidupan yang damai, bermartabat, dan damai. Dengan pengalaman kita bisa menyikapi secara arif perkembangan yang terjadi saat ini. (wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment