Wednesday 5 August 2009


Judul Buku : Cinta Empat Bab
Penulis : Hermawan Aksan
Penerbit : Kaki Langit Kencana
Terbit : Juni 2009
Tebal : 271 Halaman


Sengkarut Asmara Segi Empat

MEMBACA novel Cinta Empat Bab karya Hermawan Aksan membawa kita menelusuri kisah asmara segi empat yang rumit. Di antara, R Ita Tresnawati (Ita), Yusril (Yus), Joni (Jon), dan Nia Nur Aini (Nin), terjalin ketertarikan yang kuat atas nama cinta dan hasrat duniawi.

Ita seorang redaktur mingguan sebuah harian, seperti kembali menemukan hasrat cintanya pada diri Yus. Meski dia sudah bersuami (Wisnu) dan menjalin hubungan intim dengan Jon. Yus penulis muda berbakat sulit menolak kehadiran Ita yang selama ini punya andil memuat karya-karya di medianya. Padahal hatinya tertambat pada seorang gadis muda bernama Nin.

Sedangkan, Nin begitu memuja Jon yang lebih matang dan berpengalaman. Baik dari sisi umur, maupun kemampuannya sebagai penulis novel ternama. Jon mengakui, Nin yang baru duduk di semester dua begitu muda dan lebih segar. Namun, Jon lebih menyukai Ita yang matang dalam berbagai hal.

Melalui penuturan yang mengalir dan runut, konflik cinta segi empat ini begitu enak untuk dinikmati. Pengambaran setiap tokoh dibuat begitu rinci dan detail membuat semakin seru untuk diikuti. Rumitnya kisah cinta segi empat ini menyimpan misteri yang membuat penasaran, meski endingnya terasa begitu sederhana.

Namun, kesederhanaan itu menjadi kelebihan novel ini. Walaupun tema cinta dan konfliknya sudah sering diangkat, tetap enak dinikmati. Jadi bisa dipahami bila sang penulis menyebut novel setebal 271 sebagai novel pendek (plus).

Tambahan plus ini bukan sekadar embel-embel karena novel yang diterbitkan Kaki Langit Kencana ini juga menyertakan sekitar 15 cerita pendek (cerpen) Hermawan Aksan yang pernah dimuat di beberapa media massa. Cerpen-cerpen tersebut tak hanya mengangkat tema cinta, juga sarat kritik sosial yang dituturkan secara menarik. (wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment