Monday 17 August 2009

Resensi Buku Baru | Dahsyatnya Shalawat

Judul Buku : Dahsyatnya Shalawat
Penulis : Ali Khamseh-I Qazwaini
Penerbit : Zahra Publishing House
Tebal : 268 Halaman
Terbit : Juni 2009
Harga : Rp29.925

Kedahsyatan dan Hikmah Salawat

BERSALAWAT atas Nabi Muhammad Saw merupakan amalan yang paling mustajab dalam ajaran Islam. Tak ada amalan lain yang begitu agung sampai-sampai Allah SWT pun melakukannya. “Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi,” (QS Al Ahzab [33]: 56).

Menurut tata bahasa salawat artinya doa. Secara khusus bersalawat berarti doa dan salam khusus berisi permohonan agar Allah SWT meninggikan derajat dan menambah kedekatan Nabi Muhammad SAW di sisi Allah SWT. Ada juga yang mengartikan salawat sebagai salat karena di dalamnya terdapat doa-doa.

Tak salah bila Imam Muhammad Al Baqir mengatakan “Doa adalah sebaik-baiknya ibadah. Berdoalah dan percayalah pada pengabulan Allah, sehingga Anda meraih kemenangan dan selamat dari siksa-Nya.” Jadi, jangan pernah meninggalkan doa dalam berbagai urusan, apalagi sampai bosan berdoa. Karena selain untuk beribadah, doa adalah saran mendekat diri kepada Allah SWT.

Salawat pun memiliki lima makna, yaitu rahmat, ampunan, pujian, penyucian, dan kemuliaan. Karena itu, salawat merupakan hadiah terbaik dari Allah SWT kepada umat Manusia untuk mendapatkan manfaat dan berkah yang berlimpah di dunia dan akhirat, seperti dikabulkannya permintaan kita dan terhindar dari api neraka.

Untuk itu, sebagai muslim sebaiknya jangan pernah melewatkan untuk bersalawat karena begitu besar dan dahsyat ibadah tersebut. Sebagai panduan bagi Anda untuk bersalawat dengan mudah dan baik, resensibukubaru.com mengupas buku Dahsyatnya Shalawat karya Ali Khamseh-I Qazwaini memberikan penjelasan yang ringkas dan mudah dipahami.

Buku setebal 268 halaman yang diterbitkan Zahra Publishing House ini juga mengungkapkan berbagai berkah dan manfaat salawat. Buku ini memuat 112 berbagai hal tentang salawat yang disusun secara apik dan lugas. Hal itu membuat Anda mudah memahami dan memperkaya pengetahuan tentang ibadah salawat.

Mulai dari tata cara bersalawat, waktu yang mustajab untuk bersalawat, tempat-tempat yang baik, dan berbagai manfaat yang akan diterima di dunia maupun akhirat. Seperti diberi kemudahan saat sakit, dimudahkan mendapat rezeki, sampai terhindar dari rasa sakit ketika sakaratul maut.

Penyusunan yang ringkas pun mempermudah Anda membacanya dari bagian mana pun sesuai dengan keinginan. Dengan demikian, Anda pun bisa segera memahami dan mempraktikkannya dalam ibadah sehari-hari. Buku ini pun dilengkapi Buku Saku Asma’ul Husna yang memudahkan Anda untuk membaca dan menghafalnya.(wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment