Wednesday 19 August 2009

Resensi Buku Baru | Taktis Menyunting Buku


Judul Buku : Taktis Menyunting Buku
Penulis : Bambang Trim
Penerbit : Maximalis
Tebal : 234 Halaman
Terbit : Juni 2009

Buku Pintar Menyunting Buku

LAHIRNYA sebuah buku bermutu pasti tak lepas dari racikan tangan-tangan editor yang andal. Meskipun lebih banyak “di belakang layar” editor memegang peranan sangat penting dalam dunia berbukuan atau penerbitan.

Sepintas pekerjaan editor terlihat seperti pekerjaan yang remeh temeh, misalnya memperbaiki kesalahan penulisan, ejaan, dan tanda baca. Jadi tak usah heran bila keberadaan editor ini di tanah air sampai saat masih sering dianggap sebelah mata.

Padahal di sejumlah negara maju karier sebagai editor begitu dihormati dan dianggap sebagai profesi yang unik. Begitu spesifiknya tugas editor, di Malaysia saja jenjang pendidikan seorang editor sampai tingkat S-3.

Hal itu bisa menganalogikan bagaimana mereka menghargai tugas dan pekerjaan seorang editor. Toh sejatinya seorang editor tak melulu berurusan mengawasi kesalahan huruf atau ejaan saja, sebaliknya ada tugas yang lebih kompleks.

Mulai dari menyeleksi naskah mentah, mengemasnya menjadi buku yang menarik, dan mensinergikan dengan marketing. Editor bukan sekadar memiliki kemampuan teknik mengedit yang mumpuni, juga wajib mempunyai insting untuk menghasilkan produk (buku) yang berkualitas.

Dalam buku Taktis Menyunting Buku yang diterbitkan Maximalis (Imprint Salamadani) dikupas secara lengkap kompleksitas dunia editing. Sang penulis, Bambang Trims yang sudah berkecimpung 15 tahun dalam dunia editing dan penerbitan, begitu fasih menjelaskan detail-detail peran seorang editor.

Buku setebal 234 halaman ini yang terbagi dalam sembilan bab, tak hanya menjelaskan dasar-dasar editing, praktik mengedit, alur penerbitan, dan filosofi editing. Dalam buku ini penulis mengajak para editor mengasah naluri memahami perkembangan dunia penerbitan, sehingga mampu melahirkan buku-buku berkualitas.

Hal itu terlihat dari pembahasan penulis tentang fenomena buku-buku yang meledak di masyarakat, seperti Ayat-Ayat Cinta. Termasuk maraknya bermunculan penerbit-penerbit baru yang berkembang pesat, macam Agromedia Group.

Jadi buku ini lebih lengkap dan berisi di antara sejumlah karya sejenis yang pernah dibuat penulis, seperti Menggagas Buku: Langkah Efektif dan Sistemik Menulis Ide Anda ke Dalam Buku (Bunaya, Bandung 2002). Sehingga buku ini wajib dimiliki bagi para editor atau yang ingin berkarier di dunia editing.

Apalagi disinggung juga tentang jenjang karier sebagai editor dalam penerbitan buku dan tugas yang harus diemban. Termasuk berapa salary yang pantas bagi seorang editor profesional, baik yang bekerja di sebuah penerbitan maupun sebagai editor lepas.

Seperti ciri khas sang penulis yang perfeksionis, buku ini dikemas begitu apik. Sampul buku yang lebih atraktif, isi buku dilengkapi dengan berbagai foto, ilustrasi, tabel, dan flow cart yang menarik. Tak ketinggalan, ditampilkan beberapa contoh bagaimana proses editing manual dilakukan. Jadi kita tak akan bosan membacanya, sekaligus mudah memahami isinya. (wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment