Thursday 13 August 2009

Resensi Buku Baru | Smart Taubat

Judul Buku : Smart Taubat
Penulis : Dr Manal Abul Hasan
Penerbit : Himmah Media
Tebal : 277 Halaman
Terbit : Juni 2009
Harga : Rp29.900

Bertobat Sesuai Tuntunan Nabi

MANUSIA yang baik dan saleh bukanlah manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan atau dosa. Karena sesuai dengan kodratnya, manusia bisa melakukan kekhilafan dan kealpaan. Namun, manusia yang baik akan segera menyadari kesalahan yang dilakukan dan bertobat secara sungguh-sungguh.

Begitu pun dengan para nabi, mereka pun dikisahkan tak luput dari kesalahan. Namun, mereka segera menyadarinya dan segera memohon ampun kepada Allah SWT. Atas kesungguhan mereka bertobat, maka Allah SWT pun memberikan ampunan kepada para nabi.

Seperti kisah Nabi Adam AS yang terbujuk oleh godaan iblis untuk mendekati sebuah pohon terlarang di surga dan memakan buahnya. Setelah sadar melakukan kesalahan dengan ditampakkan auratnya, Nabi Adam AS pun bertobat. Allah SWT pun mengampuninya, lalu memindah Nabi Adam AS dan istrinya Siti Hawa dari surga yang abadi ke dunia.

Jadi, sebesar apa pun kesalahan yang dilakukan manusia, Allah SWT selalu memberikan kesempatan untuk memperbaikinya. Asalkan mau bertobat dan bersungguh-sungguh tidak akan mengulanginya lagi. Dalam buku Smart Taubat karya Dr Manal Abul Hasan yang diterbitkan Himmah Media, dijelaskan tata cara tobat yang dilakukan para Nabi.

Buku ini mengupas berbagai metode dan tata cara bertobat yang dilakukan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Yunus, Musa, Daud, dan Sulaiman. Seperti diketahui para nabi itu dikisahkan pernah melakukan kekhilafan, namun kesungguhan untuk bertobat telah membukakan pintu maaf dari Allah SWT.

Buku ini juga dilengkapi agenda harian untuk memperbarui tobat sesuai sunnah Rasulullah Saw. Dengan terus meningkatkan amalan untuk bertobat, maka akan semakin besar peluang untuk dibukakan pintu maaf dari Allah SWT. Sehingga kelak kita akan menjadi manusia yang beruntung di dunia dan akhirat. (wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment