Wednesday 30 September 2009

Resensi Buku Baru | Secret of Positive Thinking


Judul : Secret of Positive Thinking
Penulis : Albert Kurniawan
Penerbit : Abdika Press
Tebal : 156 Halaman
Terbit : September 2009

Rahasia dan Keajaiban Berpikir Positif

OPTIMISME adalah iman menuju ke arah keberhasilan. Adagium ini tampaknya begitu pas untuk membangkitkan semangat menjalani kehidupan dan menghadapi berbagai permasalahannya. Sebab, dalam optimisme terkandung perpaduan antara pikiran positif dan keyakinan yang besar untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Berpikir positif menjadi salah satu bagian penting untuk menentukan keberhasilan dalam kehidupan. Baik itu dalam membina hubungan dengan sesama manusia, meraih prestasi, maupun mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Karena itu, berpikir positif seharusnya menjadi gaya hidup semua orang bila ingin sukses.

Menjadikan berpikir positif sebagai gaya hidup, tentunya bukan hal yang aneh dan sulit. Karena semua orang dibekali kemampuan yang sama untuk mengembangkan kemampuan berpikir positif. Apalagi, kemampuan berpikir positif bisa dilatih secara perlahan dan mudah, sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Dalam buku Secret of Positive Thinking karya Albert Kurniawan dihamparkan secara detail cara mengembangkan kemampuan berpikir positif melalui cara yang sederhana. Buku setebal 156 halaman yang diterbitkan Abdika Press (salah satu lini penerbitan Grafindo Khazanah Ilmu) membedah rahasia kekuatan berpikir positif untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan membina rumah tangga.

Buku yang berisi sepuluh bagian ini tersusun secara terstruktur sehingga memudahkan memahami tentang berpikir positif, cara mengembangkan kemampuan berpikir positif, dan manfaat besar yang diperoleh dari berpikir positif. Dengan tata bahasa yang mengalir dan popular penulis mampu menjelaskan berbagai hal yang teknis menjadi gamblang dan mudah dipahami.

Ditambah adanya tabel, gambar, grafik, dan kuisioner sederhana, semakin mempermudah mengetahui sejauh mana potensi dalam diri kita dalam mengembangkan kemampuan berpikir positif. Tak ketinggalan disisipi kutipan kata-kata pembangkit semangat yang mampu melecut kita untuk tidak pernah menyerah melihat berbagai hal dari sisi positif.

Buku ini menyadarkan, betapa selama ini kita selalu terkungkung dengan pikiran yang sempit dan cenderung melemahkan diri sendiri. Karena kita kerap selalu mempercayai mitos-mitos yang salah dalam hidup, sehingga menutupi pikiran positif.

Di antaranya, anggapan bahwa kecerdasan bersikap tetap dan tak bisa dikembangkan. Dan, mengukur prestasi berdasarkan pada hal-hal yang tampak oleh kasat mata. Padahal, bila kita mau terus berusaha dan belajar secara konsisten dalam berbagai hal, maka kecerdasan bisa dikembangkan terus. Begitu juga dengan tolok ukur prestasi, bila kita melihatnya berdasarkan hal yang terlihat secara tak langsung kita telah membatasi kemampuan diri kita yang belum tergali.

Seperti kata pepatah yang mengatakan, “jangan pernah puas dengan kemampuan yang Anda miliki sekarang. Galilah terus karena sebenarnya kita baru melihat beberapa sisi dari dunia ini.” (wasis wibowo)

4 comments:

  1. Buku yang akan memberikan inspiratif positif, keren kayaknya.

    ReplyDelete
  2. Wah ini buku layak untuk dibaca untuk orang-orang yang sedang dirudung kesedihan, bisa membangkitkan semangat.^0^. Smileeee, wakakakaka

    ReplyDelete
  3. Kok blm tampak ya di toko buku, terbit September 2009? Bisa membangkitkan semangat baru orang-orang pasca gempa padang. Moga-moga tidak ada gempa lagi ya,

    ReplyDelete
  4. Wah betul banget tuhhh... setuju, bisa membangkitkan semangat korban pasca gempa kalo dilihat dari resensi nya.

    ReplyDelete