Monday 7 September 2009

Resensi Buku Baru | Jakarta Transportations Guide


Judul: Jakarta Transportations Guide
Penulis: Rizal Khadafi
Penerbit: Bukune
Terbit: Mei 2009
Tebal: 105 Halaman

Panduan Berjalan-Jalan di Jakarta

SEBAGAI ibu kota negara, Jakarta memiliki pelbagai jenis sarana transportasi. Mulai dari busway yang begitu popular sebagai sarana transportasi baru, kereta api, taksi, angkutan kota, metro mini, sampai water way. Alhasil, seluruh penjuru Jakarta begitu disesaki berbagai sarana transportasi.

Bagi orang yang baru datang ke Jakarta tentu akan bingung dan bisa tersesat jika tak memiliki petunjuk yang jelas. Sebab, orang yang sudah lama tinggal di Jakarta saja bisa pusing kalau tak terbiasa naik kendaraan umum menuju satu lokasi.

Agar tidak tersesat dan bingung menentukan pilihan angkutan umum yang digunakan, ada baiknya Anda memiliki buku Jakarta Transportation Guide karya Rizal Khadafi. Sebab, buku setebal 105 halaman yang diterbitkan Bukune memberikan informasi tentang angkutan umum di Jakarta secara komplet.

Tak sekadar menyajikan berbagai jenis trayek, rute, jadwal, dan ongkos naik kendaraan umum, penulis menyajikan peta yang dilalui serta tips bepergian yang aman. Bahkan beberapa angkutan umum alternatif, seperti bajaj, kancil, dan ojek pun ikut ditampilkan sehingga memperkaya informasi bagi pengguna angkutan umum.

Sayang penulis tak menyingung soal water way, mungkin kurang praktis dan jarak tempuhnya yang terbatas. Meski demikian buku ini layak dijadikan panduan untuk jalan-jalan keliling Jakarta sudah semakin padat dan ramai. (wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment