Monday 14 September 2009

Resensi Buku Baru | Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia


Judul : Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia
Penulis : Rosalind Horton & Sally Simmons
Penerbit : Esensi
Terbit : April 2009
Tebal : 232 Halaman

Kharisma dan Kekuatan Perempuan

SEBUAH adagium menyebutkan bahwa perempuan adalah kekuatan utama keluarga dan negara. Bila dalam sebuah keluarga ada perempuan yang hebat, maka keluarga itu akan menjadi hebat. Begitu juga di sebuah negara, bila kaum perempuannya baik, maka akan kuat pula kondisi negara tersebut.

Walaupun secara fisik perempuan tidak sekokoh kaum lelaki, bukan berarti kaum hawa adalah makhluk yang lemah. Perempuan mampu menutupi kelemahan fisiknya dengan sejumlah kekuatan yang tak dimiliki kaum adam. Ambil contoh, perasaanya yang halus, penampilannya yang lembut, kecantikan, ketelitian, dan keteguhan hati.

Jadi bukan hal yang aneh bila di bumi ini banyak sekali perempuan-perempuan yang mampu menjadi inspirasi, pelopor, dan pemimpin yang mampu mengubah wajah dunia. Bahkan banyak lelaki yang bertekuk lutut mengakui segala kehebatannya dan menyerahkan kebesarannya kepada perempuan.

Ada Cleopatra, penguasa Mesir terakhir, yang mampu menaklukkan dua Raja Romawi Julius Caesar dan Marcus Antonius, pada 60-30 Sebelum Masehi (SM). Joan d’Arc putri petani miskin Prancis yang memimpin pertempuran melawan pasukan Inggris dan membebaskan negerinya dari penindasan.

Belum lagi sejumlah artis terkenal, mulai dari Marilyn Monroe, Madonna, sampai presenter papan atas Oprah Winfrey. Di bidang akademis ada Marie Curie pemenang Nobel atas penemuan unsur kimia Radium untuk pengobatan sampai penulis ternama Virgia Woolf. Di kancah politik lebih banyak lagi, seperti Eleanor Roosevelt, Eva Veron, sampai Benazir Bhutto.

Dari tanah air, kiprah perempuan selalu menghiasi perjalanan panjang Bangsa Indonesia. Ada Raden Ajeng Kartini yang dikenal sebagai pejuang emansipasi perempuan, Cut Nyak Dien yang menolak menyerah melawan VOC Belanda, Megawati Soekarnoputri yang menjadi Presiden ke-5 RI, sampai Susi Susanti atlet bulutangkis peraih medali emas Olimpiade.

Berbagai kisah hebat para perempuan berkharisma ini dirangkum dalam buku berjudul Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia karya Rosalind Horton & Sally Simmons. Buku setebal 232 halaman yang diterbitkan Esensi (kelompok Erlangga) dan bisa diperoleh di Toko Buku Leksika ini, merangkum kisah 50 perempuan hebat di dunia.
Meskipun hanya menampilkan biograf singkat, buku ini memberikan sebuah inspirasi bahwa seorang perempuan mampu memberikan andil besar bagi kehidupan di dunia.

Kehadiran perempuan memberikan nuansa dan aroma berbeda bagi wajah dunia yang selalu hiruk pikuk oleh polah kaum lelaki. Dalam bidang apa pun, pada masa apa pun, dan dari mana pun perempuan berasal, mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Melalui kecantikan, kelembutan, kekuatan tekad, dan hatinya, bisa meluluhkan keangkuhan dunia. (wasis wibowo)

1 comment: