Sunday 5 July 2009

Resensi Buku Baru | Nge-Blog dengan Hati


Judul Buku : Nge-Blog dengan Hati
Penulis : Ndoro Kakung
Penerbit : Gagasmedia
Terbit : Juni 2009
Tebal : 142 Halaman


Belajar Jadi Blogger yang Baik

AKTIVITAS nge-blog sudah begitu popular dan begitu mengasyikan. Sejumlah orang yang biasa nge-blog atau yang dikenal dengan blogger bahkan memiliki komunitas sendiri yang jumlahnya cukup besar. Para blogger pun terdiri dari beragam profesi, mulai dari ibu rumah tangga, siswa sekolah, sampai para profesional.

Motivasi setiap blogger membuat blog pun beragam, ada yang dijadikan sarana menumpahkan ide, berbagi pengalaman, curhat, dan tempat mendokumentasikan berbagai peristiwa, sampai digunakan untuk menghasilkan uang. Blog pun menjadi fasilitas berinteraksi dengan para blogger melalui aktivitas blog walking atau mengunjungi blog orang lain.

Begitu banyaknya manfaat dari aktivitas nge-blog, apakah setiap orang harus punya blog? Apakah karena semua orang-orang di sekitar kita sudah memiliki blog, lalu kita pun harus ikut punya blog? Tentu jawabannya relatif dan bergantung pada Anda sendiri. Karena memiliki blog bukan keharusan tapi sebuah sarana berekspresi.

Sebelum memutuskan mempunyai blog ada baiknya membaca buku Nge-Blog dengan Hati karya Ndoro Kakung yang diterbitkan Gagasmedia. Ndoro Kakung, nama popular Wicaksono di dunia blogger, dalam buku setebal 142 halaman memberikan pencerahan tentang aktivitas nge-blog.

Ndoro Kakung yang juga berprofesi sebagai jurnalis di salah satu media ternama di tanah air, dengan gaya penulisan yang santun dan ringan membedah secara detail hiruk pikuk dunia blogger. Bukan itu saja, Ndoro Kakung menyampaikan hal penting dan mendasar membuat blog, yaitu semangat untuk berbagi dengan orang lain.

Ternyata itu adalah modal penting bagi setiap orang untuk menjadi seorang blogger. Dengan semangat untuk berbagi, Anda punya energi besar untuk mengisi blog secara rutin, merawatnya setiap saat, dan berinteraksi dengan blogger lain. Karena bila motivasi mempunyai blog hanya sekadar untuk gaya, apalagi ikut-ikutan, atau mendapatkan uang, tentu akan membuat Anda cepat letih.

Blog adalah sarana berekspresi dan seharusnya menghadirkan sebuah kesenangan bagi Anda. Bukan sebaliknya membuat Anda letih dan kecewa karena tak mendapatkan apa yang diinginkan. Jadi nge-blog harus menggunakan hati, agar benar-benar tulus dan menghasilkan aktivitas yang berarti.

Buku ini mengupas pentingnya beretika dan sopan santun dalam dunia online. Bukan hanya karena sudah ada undang-undang yang mengatur dan melindungi aktivitas di dunia maya. Tapi yang lebih penting, aktivitas nge-blog bertujuan memberikan informasi yang tepat dan berguna bagi semua orang.

Sekali saja melakukan hal yang buruk, akan membuat kredibilitas kita di kalangan blogger menjadi rusak. Bila mampu menunjukkan sikap yang baik dan memperbaiki kualitas isi blog, kita banyak mendapat keuntungan.

Itu tak hanya berkaitan dengan materi, sebab blog tak akan menghasilkan uang secara langsung. Meskipun, blog bisa menjadi saran mendapatkan uang. Sebab, bila blog kita isinya berkualitas, maka mengangkat kredibilitas dan kompetensi kita. Hal itu, bisa membuat kita diundang sebagai pembicara atau menulis buku yang tentu bisa menghasilkan uang.

Jadi untuk menceburkan diri sebagai blogger dan berselancar di dunia maya perlu niat yang baik. Karena media online diibaratkan sebagai senjata yang ampuh. Bila kita mampu menggunakan dengan baik, akan menjadi sarana yang ampuh membangkitkan potensi diri kita. Namun, jika kita tak piawai menggunakannya, bisa-bisa mencelakakan diri sendiri. (wasis wibowo)

No comments:

Post a Comment