Wednesday 9 December 2009

Ensiklopedia Akidah Islam | Resensi Buku Baru


Judul : Ensiklopedia Akidah IslamPenulis : Tim PrenadaPenerbit : Prenada Media GroupTebal : 727 HalamanTerbit : Oktober 2009 (Cetakan Kedua)

Akidah Islam, Pencerah Kehidupan

AKIDAH bisa diartikan sebagai ikatan perjanjian antara manusia dan Tuhannya. Manusia dengan rela menyembah dan mentaati segala perintah Tuhannya. Bagi Muslim, Akidah Islam berarti merupakan landasan seluruh ajaran Islam tentang keyakinan yang harus dianutnya.



Hal itu sangat penting karena Akidah Islam berfungsi membentuk kesalehan seseorang dan menghindari dari keyakinan-keyakinan yang menyimpang. Bahkan Nabi Muhammad SAW, mengatakan Akidah Islam dapat mengembangkan sikap-sikap yang positif, optimisme, meningkatkan etos kerja, dan meredam berbagai nilai negatif.

Oleh karena itu, Akidah Islam memiliki fungsi yang sangat penting untuk menumbuhkan semangat umat dalam meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai aspek. Pentingnya fungsi Akidah Islam itu melandasi Istiqamah Mulya Foundation yang didukung sejumlah pakar menulis buku Ensiklopedia Akidah Islam.

Buku setebal 727 halaman yang diterbitkan Prenada Media Group ini berisi sekitar 350 entri terbagi dalam tiga bagian besar, yaitu Istilah-istilah Kunci, Aliran-Aliran, dan Tokoh. Buku yang tulis oleh sekitar 21 pakar Agama Islam dan digawangi dua editor ahli menambah cakrawala pengetahuan tentang Akidah Islam untuk mencerahkan kehidupan Umat.

Sedikit untuk bahan koreksi, selain masalah editing bahasa yang seharus bisa digarap lebih apik, juga ada beberapa ketidak-sinkronan penulisan materi yang perlu diperhatikan. Misalnya, pada hal 583 dalam susunan nama Wali Sanga dituliskan Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus memiliki nama asli yang sama, yaitu Ja’far Shodiq.

Padahal pada halaman 571 nama kecil Sunan Kalijaga adalah Raden Syahid. Sedangkan pada halaman 558 nama asli Sunan Kudus ditulis Jafar Sidik. Namun, bagaimana pun juga karya ini patut dihargai sebagai upaya memberikan pencerahan bagi Umat Islam. (wasis wibowo)

1 comment:

  1. You should see how my associate Wesley Virgin's tale begins with this shocking and controversial VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get anything they want.

    These are the exact same methods tons of famous people (notably those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    That's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this conversation has even taken place INSIDE OF YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind about 7 years back, while riding a non-registered, beat-up bucket of a car with a suspended license and with $3 on his debit card.

    "I'm so fed up with living payroll to payroll! When will I get my big break?"

    You've taken part in those types of questions, right?

    Your success story is going to be written. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    ReplyDelete