Tuesday 28 April 2009

Resensi Buku Baru | Tak Tik Top


Judul : Tak Tik Top
Penulis : Ollie
Penerbit : Bukune
Terbit : Februari 2009
Tebal : 111 Halaman


Asyiknya Bersosialisasi di Dunia Maya
DI era digital dan internet seperti sekarang, membuat berbagai hal nyaris tidak ada batasnya dan tidak mengenal sekat antarbangsa, suku, serta agama. Efeknya adalah bergesernya pola sosialisasi masyarakat yang bisa bertemu secara langsung, berubah menjadi interaksi online. Salah satu contoh yang sedang menjadi tren adalah maraknya orang berinteraksi melalu Facebook.
Demam Facebook melanda semua orang di seluruh dunia, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Tak hanya terbatas pada kalangan profesional, ibu rumah tangga yang dianggap tidak mengenal teknologi internet pun begitu gandrung dengan Facebook. Pasalnya, melalui jejaring sosial di dunia maya ini, semua orang bisa berinteraksi dengan mudah.
Tak sekadar chatting dengan tetangga atau teman sekantor, tapi juga bisa bertemu dengan sahabat lama, teman sewaktu TK, bahkan mantan pacar. Pada level yang lebih tinggi lagi, situs jejaring sosial ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan diri, produk, dan menghasilkan uang. Jadi wajar bila pola interaksi secara online begitu digemari semua kalangan.
Boleh jadi Facebook telah menjadi fenomena yang begitu hebat dalam mengubah pola interaksi masyarakat. Namun, sebenarnya masih banyak situs jejaring sosial yang memberikan fasilitas serupa, bahkan jauh lebih seru dan atraktif. Sebut saja Friendster yang sudah dikenal lebih dahulu atau Twitter yang mulai mewabah di tanah air.
Bahkan ada juga yang bersosialisasi di dunia maya melalui blog, misalnya melalui Multiplay dan PLURK. Asal rajin berselancar dan mau membuka wawasan, internet banyak menyajikan sarana untuk bersosialisasi, membranding diri, promosi, dan menjadi sumber uang.
Fenomena tersebut ditangkap secara apik oleh Ollie yang dituangkan dalam bukunya berjudul Tak Tik Top, Cara Cepat Ngetop lewat Internet. Buku setebal 111 halaman yang diterbitkan Bukune ini menyaikan kepada pembaca cara menggunakan situs jejaring sosial dan blog untuk berinteraksi. Ada lima tema yang dibahas, yaitu Facebook, Friendster, Multiplay, PLURK, dan YouTube.
Penulis yang juga ibu rumah tangga dan berbisnis melalui media online ini, memberikan sejumlah trik sederhana menjelajah dunia maya. Mulai dari membuat akun, mengelolanya agar menarik, dan menjadikan sarana untuk mempromosikan diri. Buku ini cocok bagi pemula yang baru mengenal situs jejaring sosial dan ingin menambah pengetahuan untuk meluaskan jaringan pertemanan.
Jadi jangan takut dibilang gagap teknologi (gaptek) karena semua dibahas secara detail dan gaya bahasa yang mengalir. Dilengkapi langkah step by step untuk bergabung dalam jejaring sosial dan gambar yang menarik membuat buku ini mudah untuk dipahami. Jadi jangan mau ketinggalan dengan orang lain yang sudah punya teman sampai ribuan dan berasal dari berbagai negara. Sementara pergaulan kita hanya terbatas di lingkungan RT. Melalui berbagai situs jejaring sosial di internet, siapa pun bisa menjadi orang terkenal, layaknya artis papan atas. Selamat mencoba. (wasis wibowo)

1 comment: